INILAH RAGAM – RAGAM PELAPIS YANG MAMPU MEMBUAT KAIN JADI WATERPROOF DI KONVEKSI

Bicara soal waterproof memang tidak akan terlepas dengan namanya jaket. Hal ini dikarenakan banyak konveksi yang menggunakan bahan waterproof untuk produksi jaket mereka. Nah, waterproof ini sendiri adalah suatu istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan sifat objek yang mampu menolak air. Hal ini dikarenakan dalam dunia konveksi sifat waterproof ini banyak diaplikasikan pada berbagai produk pelengkap kebutuhan pokok. Yakni mulai dari ransel, jaket, tenda, sepatu hingga jas hujan. Karena jika dilihat dari kegunaan untuk kain waterproof ini sendiri memang harus mampu menjadi pelindung. Tidak hanya itu sebagai penahan air agar benda yang di lindungi tidak basah. Produk yang dapat kita ambil contohnya seperti jenis jaket. Dimana jaket ini mampu membuat tubuh menjadi hangat.

konveksi

Ragam Pelapis (coating) Konveksi Yang Mampu Membuat Kain Ini Bisa Jadi Waterproof Yang Perlu Anda Tahu

Sebuah jaket buatan konveksi yang bersifat waterproof. Sudah pasti dilengkapi sifat yang windproof maksudnya memang tahan akan angin juga. Tentu saja hadirnya kedua sifat ini agar mampu menjamin kenyamanan penggunanya. Dan perlu anda tahu, jika jaket waterproof ini biasanya dilapisi dengan carian yang membuat pori – pori pada saat terjadi penguapan. Sehingga dengan akta lain kain yang digunakan ini dapat bernapas. Mungkin tidak sedikit dari anda penasaran dengan ragam pelapis konveksi yang mampu membuat kain bisa menjadi waterproof diantaranya:

  1. Bahan pelapis Gore tex

Untuk bahan pelapis gore tex yang disediakan oleh konveksi ini. Tetap menjadi bahan dengan kualitas nomor satu di dunia.  Terutama dalam menangani masalah kain waterproof dan breathable. Akan tetapi karena bahan yang satu ini sangat tipis dan lembut.  Maka masih memerlukan lagi lapisan pelindung berupa layer. Hal ini dikarenakan bahan tersebut supaya tidak mudah rusak dan menambah kuat terhadap gesekan.

  1. Bahan pelapis triple point ceramic

Untuk bahan pelapis kedua yang disediakan oleh konveksi untuk pembuatan jaket ini adalah triple point ceramic. Bahan ini merupakan penggabungan polyurethane coating dengan jutaan partikel keramik. Dimana coating ini memang dapat dijadikan benteng penghalang bagi pori – pori kain. Selain itu triple point ceramic ini memang sifatnya mengikat pada setiap anyaman benang. Sehingga membuat lapisan ini pun tidak mudah cepat rusak atau luntur.

  1. Bahan pelapis hydro dry

Untuk bahan pelapis ketiga yang disediakan oleh konveksi ini adalah hydro dry coating. Pada umumnya juga menggunakan cairan kimia untuk mengubah kain menjadi waterproof. Untuk berat kain ini memang terbagi menjadi 3 kategori. Pada bahan ini momentum pada bahan polyester ini menawarkan keunggulan yang luar biasa. Seperti misalnya praktis dalam pengepakan, selain itu tidak berisik dan sangat kuat.

  1. Bahan pelapis E.X.E.A.T

Untuk bahan pelapis yang keempat ini memang juga sering digunakan oleh konveksi untuk pembuatan jaket. Dimana untuk jenis bahan yang satu ini memang terbuat dari bahan cairan kimia hydrophilic. Dimana bahan ini berasal dari peleburan secara berulang – ulang. Dengan menggunakan cairan ini akan menghasilkan kain yang bersifat waterproof.

Selain ke empat jenis bahan pelapis (coating) yang ada di konveksi untuk membuat jaket. Masih ada jenis bahan lain yang dapat digunakan sebagai pelapis. Seperti neoprene coated, polyurethane coated dll. Kedua bahan ini sangat cocok dijadikan rain coat. Asalkan jenis hujan yang dihadapi adalah hujan ringan.

Leave a Comment